Market Day 3.0 2025 x INFINITY Jadi Wadah Pembelajaran Berwirausaha Mahasiswa Telkom University Purwokerto

Telkom University Purwokerto kembali mengadakan Market Day yang kedua kalinya di tahun 2025. Bertajuk Market Day 3.0 2025, kegiatan ini berlangsung  selama satu hari mulai pukul 07.30-16.00 di Parkiran Gedung DSP pada 8 Desember 2025. 

Kegiatan ini merupakan program yang diinisiasi oleh akademik Telkom University Purwokerto sebagai bagian dari implementasi mata kuliah Kewirausahaan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa didorong untuk mengembangkan ide bisnis kreatif sekaligus mempraktikkan langsung konsep kewirausahaan.

Pada kegiatan kali ini, Market Day turut berkolaborasi dengan INFINITY, acara kompetisi bahasa Inggris milik UKM Astralic Telkom University Purwokerto yang mencakup berbagai lomba. Melalui kolaborasi tersebut, tema “DigiFusion: Talk, Taste, and Tech!” menggambarkan kolaborasi antara cita rasa lokal, karya, inovasi digital, dipadu dengan komunikasi global dalam satu event.

Direktur Telkom University Purwokerto, Dr. Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T., Wakil Direktur I, Dr. Catur Nugroho, S.Sos., M.I.Kom., kepala bagian akademik beserta jajaran akademika Telkom University Purwokerto turut hadir dalam kegiatan ini. Perwakilan  dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yakni Pembina HIPMI BPC Banyumas dan Sekretaris BPC Banyumas juga hadir menyertai kegiatan.

Tenia Wahyuningrum dalam sambutannya menyampaikan, “Kampus kita terus membangun komitmen untuk menjadi universitas entrepreneur berbasis safe ai melalui kegiatan ini yang mendukung kewirausahaan. Di sisi lain, kali ini terdapat kolaborasi internasional dari kehadiran mahasiswa asal Kamboja, Timor Leste, Yaman, serta mahasiswa asing dari kampus lain yang hadir. Selamat berkarya dan semoga berjalan lancar dan dapat menjadi inspirasi”. 

Ketua acara,  Ega Adrianto, S.T., M.T., juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas terlaksananya kegiatan ini.  “Terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara, juga peserta dan pengunjung yang telah hadir. Pada kali ini terdapat 103 kelompok dengan lebih dari 1000 peserta yang berpartisipasi. Kesempatan ini kami harap dapat menjadi tempat belajar dan menguji ide market yg kalian ciptakan dan menjadi pengalaman yang berharga baik dalam akademik maupun di masyarakat“.

Dengan diiringi para penari dan peserta kewirausahaan, kegiatan ini diresmikan melalui sesi pemotongan pita oleh Direktur Telkom University didampingi para tamu undangan.

Kegiatan ini bukan hanya menjadi wadah praktik namun juga sumber wawasan dalam bisnis digital melalui Talkshow yang diadakan. Terdapat dua talkshow yang dinarasumberi oleh Samas Pangestu dan Romi Angger, praktisi yang membahas tema branding dan digitalisasi serta teknis dalam pemasaran digital.  

Peserta kewirausahaan juga turut melakukan bincang ringan melalui sharing session dari tiga kelompok yang mewakili tiga section kategori fnb, kriya, dan produk digital. Mereka berbagi pengalaman dan inspirasi dari keunikan produk yang ditawarkan. 

Kegiatan ini turut dimeriahkan melalui games bersama peserta dan penampilan lima finalis kompetisi sing a song INFINITY. Dosen dan mahasiswa juga ikut menyuguhkan penampilan band, duet, dance, dan DJ. 

Market Day 3.0 2025 sukses digelar dan mengakhiri kegiatan Market Day di tahun 2025. Kedepannya, Market Day akan terus digelar dan menjadi wadah yang inspiratif dan kolaboratif terutama bagi civitas Telkom University Purwokerto. 



Writer : Syifa | Editor : Ella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secret Link