Purwokerto, 19 Desember 2024 – Untuk pertama kalinya Telkom University Purwokerto menggelar Festival Market Day, acara ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian mata kuliah Kewirausahaan yang merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Telkom University. Festival Market Day tidak hanya menjadi ajang implementasi teori bisnis, tetapi juga memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam mengelola usaha.
Festival Market Day digelar di GOR D.I. Pandjaitan, Kawasan Pendidikan Telkom yang diikuti oleh 62 kelompok mahasiswa dari berbagai program studi, di antaranya S1 Teknik Industri, S1 Teknik Logistik, S1 Teknologi Pangan, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, S1 Teknik Telekomunikasi, dan D3 Teknik Telekomunikasi. Pada tahun ini, Market Day Tel-U Purwokerto didominasi oleh produk dari kategori makanan dan minuman, namun sejumlah kelompok mahasiswa juga menawarkan produk kreatif lainnya, seperti buket, gelang, parfum, dan berbagai inovasi menarik lainnya.
Sebelum pelaksanaan Market Day, mahasiswa menjalani serangkaian kegiatan persiapan, seperti proses pitching ide bisnis yang melibatkan kolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tel-U Purwokerto. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa mendapatkan investasi untuk mendukung ide bisnis mereka. Hampir seluruh kelompok mahasiswa berhasil mendapat dukungan pendanaan dari kampus pusat dengan total sebesar Rp25.450.000,-.
Aiza Yudha Pratama, S.T., M.Sc., selaku koordinator Market Day dan salah satu dosen pengampu MK Kewirausahaan berharap agar Market Day bisa dilaksanakan rutin setiap tahunnya. “Harapannya mahasiswa bisa lebih siap lagi untuk mendapatkan investasi yang besar, sehingga acara Market Day TUP ini bisa dilaksanakan lebih besar lagi dan naik kelas”, lanjut Aiza

Acara ini dimeriahkan dengan Workshop Kewirausahaan oleh Fradia Adhelia Friadiani, adapun penampilan spesial dari D.E.S.E dan Balitakustik. Dadiek Pranindito, S.T., M.T., selaku Wakil Direktur Admisi dan Kemahasiswaan Kampus Purwokerto dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk kedepannya acara Market Day diharapkan dapat berkolaborasi dengan lebih banyak pihak. “Dengan berkolaborasi dengan banyak pihak, maka kita akan membantu mewujudkan Telkom University sebagai Research and Entrepreneurial University. Selain itu, juga dapat meningkatkan entrepreneur di Telkom University Purwokerto”, lanjutnya.
Dengan suksesnya pelaksanaan Market Day, Telkom University Purwokerto membuktikan bahwa tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga mendorong mahasiswanya menjadi wirausahawan yang kreatif dan inovatif.
Penulis : Shafa | Editor : Linda