Tim mahasiswa ITTP jadi Juara 2 Lomba Codig 3.0 “CODE UP YOUR DIGITAL TECHNOLOGY” kategori Business Application, yang diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana Jakarta. Event berskala nasional ini diikuti oleh seluruh mahasiswa/i aktif di Indonesia.
Tahun ini menjadi tahun ke-3 penyelenggaraan lomba Codig, yang terasa sangat berbeda dari sebelumnya karena keseluruhan lomba kali ini diadakan secara daring. Pengumuman pemenang sendiri disampaikan melalui zoom meeting pada Sabtu, (19/12).

Tim pemenang lomba ini tergabung dalam Tim Nerv, beranggotakan 3 orang mahasiswa S1 Software Engineering. Mereka adalah Daffa Raihan Zaki sebagai Full-stack Designer; Dinda Maylan Setiati sebagai Product Manager; dan Aqil Jawadal Furqan sebagai Programmer. Ketiganya sama – sama mahasiswa baru tahun angkatan 2020.
Pada lomba ini mereka merancang sebuah aplikasi persewaan barang dengan nama Leigu. Nama Leigu terinspirasi dari bahasa Islandia yang berarti menyewa. Ide membuat aplikasi ini datang ditengah kondisi pandemi seperti sekarang ini yang berdampak besar terhadap kondisi ekonomi masing – masing orang.

Selama ini, kita harus membeli barang yang kita butuhkan, seperti buku, gadget, laptop, dll. Sementara kondisi seperti saat ini, tidak memungkinkan orang untuk memenuhi semua barang kebutuhannya. Aplikasi ini dibuat untuk menjadi solusi bagi setiap orang yang membutuhkan barang tanpa harus membeli, hanya perlu menyewanya dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, Leigu juga dapat menjadi platform untuk menyewakan barang.
Mereka juga membuka peluang kerjasama bisnis dengan UMKM ataupun perusahaan swasta yang bersedia menyewakan barang atau produknya di platform Leigu.
Hasil membanggakan ini tak lepas dari bimbingan Ariq Cahya Wardana, M.Kom, seorang dosen prodi Software Engineering ITTP. Yang telah membantu dalam proses pembuatan ide dan juga memotivasi mereka untuk terus mengembangkan kreativitas, serta mencari kompetitor untuk membentuk mental juara.
Meskipun pada lomba kali ini masih kalah bersaing dengan Universitas Mercu Buana yang menyabet Juara 1 dengan Produk Simotif nya. Mereka mengaku merasa bangga dan semakin semangat untuk mengembangkan aplikasi ini agar nantinya dapat menjadi StartUp.
“Walaupun kurang tidur, tapi saat mendapatkan hasil seperti ini rasanya senang. Jadi menambah rasa kompetitif, ingin belajar lebih jauh lagi, dan ingin terus berkembang lebih maju menciptakan inovasi dan juga ide – ide yang bisa membantu permasalahan di sekitar. Selain itu juga semakin memotivasi agar produk yg kami buat ini nantinya bisa release di pasaran, dan bisa menjadi StartUp. Pokoknya kesannya banyak banget ilmu yang kami dapat dari proses dan usaha ini”, ungkap Dinda Maylan Setiati dengan penuh semangat.
Tak lupa ia menitipkan pesan untuk rekan mahasiswa agar terus semangat berkompetisi, belajar, dan tidak berhenti berkarya menciptakan ide yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan di Indonesia.
Pengumuman lomba bisa dilihat di link :